Mengenai Saya

Foto saya
padang, padang, Indonesia
i am a muslim islam my din Allah my lord his word quran Muhammad prophet praise upon him i am a muslim for all of time born to be the champion(me) i want to be a good muslim insya Alloh semua yang di posting dikemas sedemikian rupa agar gampang di bawa kepasar..hehehe

teman kita


Senin, 12 Desember 2011

pernikahan planet saturnuus

Bismillaahirrohmaanirrohiim
Assalamu’aikum.wr.wb
Ane coba jawab dulu pertanyaan yang mungkin ingin diajukan para pembaca(yang jumlah nya semoga jutaan, aamiin!). kenapa planet saturtus? Sebenarnya saturnus adalah sebuah planet. Tepatnya planet yang tetanggaan sama Jupiter.(tetanggga saturnus yang satu ini kalau lewat bikin tenda berantakan..masak??). dan ane suka aja pake istilah asing untuk hal asing kayak gini..hehehe.dan yang ingin ane bahas dalam postingan kali ini adalah memang sesuatu yang kayaknya masih asing bagi kalangan indonesia itu sendiri. Dan hal itu adalah..jeng jeng jeng --à prosesi pernikahan sesuai syariat islaM. Padahal yang namanya nikah kan harusnya gimana agama. Masa gimana agatha christi atau syahrini....(maksudnya)?.

 Ane emank belum nikah
(sekarang tanggal 13 desember 2011). Tapi tentunya insya Alloh akan.... dan ane pengennya proses nikah sesuai dengan syariat islam(semoga mamah setuju..aamiin). baik akad, parsiapan maupun resepsi(resep apa sih?)(kalau uangnya cukup jangan minta paksa diundang yahhh). Emank selama ini pernikahan diindonesia ga islami, ya? Ga semua sih..tapi sejauh pengalaman ane (emank udah nyampe kemanah pengalamannya neng) kebanyakan yang ga. Apa aja tuh?




Pertama yuang berkaitan dengan persiapan. Yang termasuk tahapan persiapan salah satunya (dapet nilai 9 kalau salah satu kan, salah 2 dapet 8) adalah undangan. Nah undangan yang sering ane liat, meskipun kebanyakan bukan buat ane àbuat nyokap, abang, kakak, uda, tetangga atau temen satu kos or satu kelass..(ah banyak amatt) sekali lagi deh buat temen yang diaman aja(ga nyambung) adalah undangan yang menampilkan gambar foto bareng calon mempelai pria dan calon mempelai wanita. Jelas ga islami, meskipunmungkin mereka sering melakukan foto bareng tersebut, tapi meyebarkannya menurut ane adalah suatu keburukan(bukan berarti foto barengnya tidak suatu keburukan ya...sma aja tuh..tapi yang nyebarin jauh lebih buruk lagiiie) karena sama aja menyabarluaskan keburukannnkankankankan. Sama dengan(=)mengumumkan aib keorang lain.
Kecuali ada detail tertentu yang membuat penyelenggara pihak pernikahan meresa tidak mempermasalahkan foto tersebut. Misal, foto tersebut diambil setelah akad nikah berlangsung, meskipun baru nikah siri. Itu pun harus ada penjelasan dalam undangan. Misal dibawah gambar ada tulisan:
‘foto dibuat setelah prosesi akad nikah’
Atau ‘pengambilan foto ini setelah menjadi suami-istri’
Atau ‘masihkah foto ku ada dalam dompet mu’
Atau ‘mas foto 3x4 saya udah jadi belum?mau nelamar kerja nih’
Hehehe...yang pasti harus ada kejelasan biat ga ad yang fitnah.
Itu baru masalah undangan. Sekarang proses akad nikah, yang ane tau calon kedua mempelai ga boleh deket2 ya. Berikutny acara resepsi yang biasanya ada acara salam-salaman sabagai wujud(alhamdulillah ada wujudnya) ucapan selamat. Nah, berhubung ga boleh ada persentuhan antara yang bukan muhrim, maka mempelai cowok Cuma boleh salamna sama tamu cowok dan mempelai cewek juga begituh(panjang bikinnya). Umtuk lawan jenis cukup salam tak bersentuhan ajah. Ini bisa diakalin dengan sedikit memberi jarak sisi dan jarak depan antara mempelai cowok dengan mempelai cewek. Misalkan, mempelai cewek berdiri lebih depan diabnding memeplai cowok,a tau sebaliknya. Bukan! Bukan yang cewwk disuruh hand-stand (berdiri dengan tangan, sedangkan kaki diatas) waduh tega benerr. Gimana salamnya? Maksudnya yang cowok berdiri lebih depan , selain itu juga memberi arah antrean yang berbeda antara undangan cewek dan undangan cowok. Misal undangan cewek dari arah kiri cowok sebaliknya. Bukaann! Bukan undangan cowok harus jalan mundur. Tapi , undangan cowok dari kebalikan kiri yaituuuuu kanan. Haduuh hampir aja terjadi salah paham(kayaknya panjang aja nih paragraf, enter ah).





Yang berikutnya masalah hiburan, seringnya adalah hiburan dangdut. Nah..nikah kan ibadah sunnah rasul kok dicampur dengan yang batil padahal dalam al-quran sudah dijelaskan:”dan janganlah kamu campur adukkan yang haq dengan yang batil dan janganlah kamu sembunyikan yang haq itu sedang kamu mengetahui.(Q.S al-baqarah ;42).



Ada lagi nihhh, tentang acara makan-makan. Abis salamn kan makan-makan tuh. Nah sebagai penyelenggara pernikahan sebisa mungkin kita umat muslim menghindari standing party . apa tuh standing pary? Partai berdiri? Partai baru ya/ lolos verifikasi ga? Bukan itu neng geliss. Tapi pesta sambil berdiri, jadi makanya sambil berdiri. Memang Rasul pernah makan sambil berdiri waktu di kebun kurma, tapin karena situasinya ga memungkinkan duduk. Kalau bisa sih sediain kursi, atau tikar deh kalau uangnya ga cukup. Kan seru tuh makan sambil lesehan ,kayak di podok makan lesehan gitu. Soalnya ad hadist : dari Anas dan Qatadah, Rasulullah SAW bersabda:sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri,” Qotadah  berkata:” bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: itu lebih buruk lagi”.  H.R mulim dan tarmizi)
Yang kepikiran baru itu ajah sekarang. J
J
;)
berbagai sumber

1 komentar: