KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis ucapkan kehadiran Allah SWT. Karena dengan rahmat
dan hidayat-Nya kami dapat menyelesaikan tugas makalah sesuai dengan waktu yang
ditetapkan. Dengan tujuan untuk memenuhi tugas akhir perkuliahan Media
Pembelajaran Matematika.
Terimakasih kepada Ibu Mirna
sebagai dosen Media Pembelajaran Matematika yang telah memberikan waktu dalam
menyelesaikan tugas ini dan kepada teman – teman yang telah memberikan ide
kreatifnya. .
Penulis menyadari bahwa tugas
ini masih jauh dari kesempurnaan. Walaupun demikian, penulis telah berusaha
semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tugas ini dengan baik. Oleh karena itu
penulis mengharapkan kritik maupun saran demi kesempurnaan tugas ini.
Akhirnya penulis mengucapkan terima kasih, semoga makalah ini bermanfaat
dan berguna bagi pembaca.
Padang, Januari 2012
Melisa Asmi
PEMBUKTIAN JUMLAH SUDUT PADA
SEGITIGA
A. LATAR BELAKANG
Pada siswa kelas VIII tingkat Sekolah Menengah
Pertama dipelajari tentang rumus phitagoras dan segitiga. Yaitu menerapkan
rumus phytagoras pada sudut segitiga. Dan disini membutuhkan pengetahuan
tentang sudut-sudut pada segitiga. Oleh karena itu untuk membantu siswa dalam
menentukan dan meyakinkan jumlah sudut pada segitiga yang tidak pernah berubah
dibuatlah media ini.
B. TUJUAN
Dengan adanya media
ini, siswa diharapkan mampu untuk memahami
ke materi selanjutnya tentang penerapan rumus phytagoras pada sudut degitiga
kerana sudah mempunya konsep yang pas tentang jumlah sudut pada segitiga.
C. ALAT DAN BAHAN
1. Jangka
2. Gunting
3. Karton tebal
4. Papan sterofoam
5. Pensil
6. Rol
D. PEMBUATAN
1. Buatlah 4 buah segitiga yang berbeda pada karton
tebal dengan ukuran tinggi 25 cm dan
alasa 15 cm.
2. Kemudian gunting segitiga tersebut.
3. Media siap
digunakan.
E. PENGGUNAAN
Pada dasarnya,
penggunaan media ini sangat sederhana. Yaitu dengan beberapa langkah berikut :
1. tempelkan papan sterofoam dipapan tulis.
2. ambil salah satu segitiga, tempelkan dipapan
sterofoam.
3. lingkari dengan jangka ketiga sudutnya dengan
jari2 yang tidak harus sama.
4. Gunting ketiga sudut segitiga yang dilingkari
dengan jangka tadi
5. Satukan ketiga sudut tersebut di papan steforam
tersebut sehingga membentuk suatu garis lurus yang bisa dibuktikan dengan
meletakkan rol.
6. Lakukan hal yang sama untuk ketiga segitiga yang
lain
7. Maka terbukti untuk setiap segitiga jumlah ketiga
sudutnya 180o karena setiap garis lurus berukuran 180o
F. KENDALA
Dalam hal ini,
penulis tidak mempunyai kendala yang berarti.
G. KESIMPULAN
Media ini sangat mudah digunakan dan juga mudah dimengerti untuk anak kelas
VIII tingkat Sekolah Menengah Pertama