Mengenai Saya

Foto saya
padang, padang, Indonesia
i am a muslim islam my din Allah my lord his word quran Muhammad prophet praise upon him i am a muslim for all of time born to be the champion(me) i want to be a good muslim insya Alloh semua yang di posting dikemas sedemikian rupa agar gampang di bawa kepasar..hehehe

teman kita


Jumat, 01 Februari 2013

antara jilbab dan jilbab


Bismillaah
Lama ga jumpa ya...banget deh, hampir setahun,
Sekarang cerita lagi yuk, kebetulan dapet ide nih

A : mbak apa bedanya cewek pake jilbab kecil ama cew pake jilbab gede.. kan semuanya sama2 cewe...apakah ketika kita ingin berakhlak baik kita harus merubah gaya jilbab kita jadi gede..? padahal saya nyaman begini. meski begini dan berjilbab kecil , saya selalu mencoba memperbaiki diri, ngeri mbak kalau saya ngeliat mbak2 jilbab gede, tapi kelakuannya bikin saya merinding....


ane kupas sedikit, nanti bisa temen2 pembaca tambahkan sekalian buat bahan pembelajaran kita termasuk ane semoga ada yang bisa di ambil hikmahnya.
Temen-temen, kita ini mahal loh. Emank belum nyampe sih, tapi Rasulullooh udah pernah ngomong sebaik perhiasan ya wanita Sholehah. 

A : Trus kalau ga pake jilbab ge-de ga sholehah gitu ya. 

Hm hm hm..siapa yang mau jawab??
Wanita sholehah disuruh Alloh menutup aurat. Ga percaya, baca deh bacaan wajibnya (ALQUR’AN). Banyak pilihan suratnya, idola kita juga udah jelasin yang mana mau ditutup... yang boleh dibuka Cuma wajah ma telapak tangan. Udah tau kan kenapa disuruh tutup?
Temen ane pernah ada yang ngomong gini “aku ngerasa lebih cantik kalau ga pake jilbab mel”. Nah itu penyebabnya, kita ( ladies/women aja ya) emank cantik, malah menurut ane emank lebih cantik waktu ga pake jilbab makanya mesti ditutupin. Udah ditutupin aja masih banyak yang tergoda apalagi ga.
Ane pernah denger “kita lebih cantik kalau pake jilbab”. Ini juga ga salah, kata cantik itu relatif kan. Alloh liat kita jauh lebih cantik dengan menutup aurat, bukannnya ga cantik kalau gak pake. Cantik itu enak diliat, rapi dan tidak mengganggu ketentraman orang lain. Temen-temen pada yakin kalau ga peke jilbab ga bakalan menggangu konsentasi orang lain perempuan ataupun laki2. Contoh, kalau ada yang naik angkot pake rok pendek trus didalamnya ada ibu2 pasti ngomong gini “ah rok pendek, ga sopan” bla3, kalau yang komentar seusianya “mentang2 bagus tu kakinya pake rok pendek”. 

A : lho itu kan urusan mereka..ngapain ngomongin orang

Yups!bener banget, tapi yang jadi asal2 muasalnya kan kita. Belum lagi kalau yang liat lawan jenis, tau sendiri deh jawabannya. Itu contoh yang sering kejadian aja.

Pernah dengerkan perempuan berjilbab mengalami pelecehan, nah tu!! Yang pake aja beresiko apalagi enggaa??
Murid les ane pernah nanya, “kakak pergi2 kenapa pake jilbab? Kok ga fashion”. Jawabnya masih biasa aja karena dosa kalau aurat kita keliatan ma bukan muhrim. Dia nanya lagi “trus orang-rang diluar tu kenapa banyak yang ga pek jilbab?mereka ga tau ya kak? Atau ga takut?”,wahahaha.. butuh helaan nafas nih jawabnya karena kadang2 ane juga bingung kenapa? Ane yakinya sebagian besar ga tau hukum jilbab, (lha wong waktu sekolah ane juga ga tau kalau pek jilbab itu wajib,,hehehehe).

A : yang saya tanyain kan jilbab kecil sama jilbab ge-de mbak!!

O iya lupa ..tapi yang tadi pengantarnya. Rasulullooh kan udah dengan sangat jelas tu ngasih tau mana yang harus ditutup. Inget ditutup ya bukan dibungkus. Kalau benda yang ditutup jadi ga keliatan kan apa isinya..gitu juga kalau jilbab. Menutup aurat ampe ga keliatan bentuk tubuhnya. Tubuh yang mana aja? Inget Q.S Al-Ahzab ga, ayat 59
“.....hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal karena itu mereka tidak diganggu.....”
Ga cuma kepala aja, tapi seluruh tubuh. Berarti itu merupakan kewajiban. Nah trus gimana dengan kelakuannya? Dulu ane pernah ikut seminar menyoal tentang jilbab masa kini, ada yang nanya gitu. Ustadnya bilang kira2 gini :”ga ada pilihan antara keduanya, yang berjilbab besar tapi berkelakuan buruk, atau yang jilbab kecil tapi baik”

kebaikan seseorang (ane persempit, ia adalah seoarang wanita) tak dapat dilihat hanya dari pandangan mata atau dilihat dari apa yang ia kenakan untuk menutupi rambutnya. meski dari sanalah kita dapat menebak sedikit seperti apakah ia.

guys... kebaikan itu nyata, dan dapat di rasakan, ia tersimpan dalam hati. bahkan sulit untuk mengungkapkan kebaikan itu sendiri. cobalah pandang keatas, maka kebaikan itu berhubungan langsung dengan sang pengendali langit dan bumi. maka kita tak berhak menilai seberapa pantas kebaikan itu untuk kita ungkit. pun berlaku dengan lawannya kebaikan, yakni aib, kekurangan, keburukan. yang seringkali saya melihat, banyak orang lebih melihat dari sisi gelap, ketimbang alasan.

lalu apa kaitannya berjilbab (berjilbab lebar dan biasa) dengan kebaikan.
 "AKHWAT" atau yang “JILBAB GEDE”. apakah mereka semuanya baik...?

maka jawaban itu ane balikkin lagi ke pernyataan di atas. apa alasan mereka mengenakan jilbab lebar sampai mereka di sebut sebagai akhwat...namun yang ane tau, dengan begitulah mereka (akhwat) menemukan ketenangan. Ketenangan yang beragam, dalam bergaul, bersikap de el el. meski belum pantas di sebut sebagai wanita yang mulia, namun dengan cara seperti itulah mereka mencoba menemukan kemulyaan. Karena pakaian yang dikenakan mencerminkan seberapa ingin kita dihargai orang lain

flash back dengan pertanyaan, lalu bagaimana dengan mereka yang berjilbab biasa..? berarti mereka tidak baik...? (wallahu'alam)... guys, ada alasan mengapa setiap orang berbeda, bahkan dari segi penampilan, dan kita tak memiliki hak untuk memaksa mereka harus begini, harus begitu, semua kembali pada kesadaran masing-masing. pengalaman mereka, apa yang mereka dapatkan dari masa lalu, dengan siapa mereka berkumpul, apa yang mereka baca, mereka lihat, dan kebiasaan mereka. bisa jadi merupakan alasan kenapa ada perbedaan. wallahu'alam bishawab...


share ya kalau manfaat, bisa lewat facebook atau twitter. Maaf kalau ga nyambung, masih belajar.
Salam ukhuwah!!

5 komentar:

  1. sebenernya kenapa ya wanita muslim belum berjilbab dan menutup auratnya? -.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak pilihan sih...coz ada yang emank ga tau hukumnya juga kan...

      Hapus
  2. hm,,
    mo coment pa yg,,
    jdi bngung,,,,
    lw mnrut ane,,,,
    da positive n negative...
    sdkit berbagi pengalaman bleh y,,
    sesion 1
    da jg tman ane wktu sm kulh di iain dlu,,, skrg dia msh pke jilbab gede... tp wktu ane tmanan m dia,,, dia jg pnya pacar,,,, smpat kporgok m ane dia ciuman dismping kosan dia,,,
    duh g' bnget dech,,,, itu makanya ane mpe skrang lum brni mngikuti stlye sprti sodari melisa....
    tnggungjawabnya bgtu bsar....

    sesion 2
    dlu wktu ane tgl diwisma,,,yg senior pada umumnya dah pke jilbab Ge De' gtu,,,
    ane sich lum mo ikut2an coz ane msh tkut dg tanggung jawabnya,,,

    beberapa taon kemudian ane ktemu senior trsbut,,, duh style nya dah brubah drastis,,,, pke clna jeans,, jilbabnya jg skedanya,,,

    bkan cma 1 tw 2 orang ja yg ane liat sprti ini,,,,
    ni fakta yg prnah ane liat sndiri,,,
    bkan hnya cerita,,,

    gman pendapat sodari melisa??????????

    lw yg positifnya sich,,,,
    ane brpedoman m dosen ane ja dech,,,
    dia mang pke jilbab gede..
    gmana y,,
    stiap ane mlihat wajahnya ane mlihat da ktenangan.... ksjukkan...
    bgtu cntiknya bliau,,,
    bkan wjahnya ja yg cntik tp hatinya jg...
    pkoknya sneng dech lw ngobrol2 ma dia,,,,
    mpe hati Q trsentuh stiap ucapannya,,,
    hm,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana ngomongnya.....bingung jugaaa,heheheh
      bukan berarti kalau jilbabnya biasa aja trus ALLoh ngasih diskon.....sama aja kan tanggung jawabnya...kasian donk ukuran jilbab dijadikan ukuran tanggung jawab

      trus...baik ga nya seseorang ga bisa diliat mutlak dari jilbabnya, tapi dari jilbab terlihat seberapa ingin kita dihargai. . .
      akhlak yang baik itu ada dalam hati, yang berhubungan dengan SANG PENGENDALI,

      jilbab dan akhlak itu sama-sama perintah dari Alloh,harus dijalanin dua-duanya
      jilbab
      Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka dan ….(QS. An-Nur : 31)

      kemudian dilengkapi oleh al ahzab 59
      "Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin,”Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak di ganggu.”

      dan jilbab seperti apa yang dimnaksudkan??udah pernah dibahas dipostingan sebelumnya

      kalau mau ngomongin jilbabnya gede tapi masih gitu, mendind jilbab biasa aja...analogi yang sama, sholatnya rajin tepat waktu tapi masih ngomongin orang, mending ga usah sholat dee...nah lo apa ini bener??????????

      ^_^ ^_^

      Hapus